Apa itu file xapk ?, dan bagaimana cara memasang file berformat xapk ?

Hallo sob, diantara kalian pasti ada yang suka download aplikasi bukan lewat aplikasi resmi playstore kan ?,ya lewat website website download gitu lah, nah tak jarang nih di beberapa website download aplikasi Android tersebut menggunakan file berformat xapk, dan tak jarang juga masih banyak orang yang bertanya tanya tentang apa itu file berformat xapk ?, bagaimana cara memasang file xapk ?, perbedaan xapk dengan file berformat apk biasa itu apa aja ?, kok saya jomblo ya ?, kapan saya nikah ?, jodoh saya dimana ? (Oke, skip)

memasang file berformat xapk
memasang file berformat xapk


PENGERTIAN APK ?

Nah sebelum kita membahas file .xapk, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu abangnya nih, file berformat .apk.
APK atau android application Package file merupakan kumpulan file atau berkas yang diarsipkan sedemikian rupa sehingga dapat mendistribusikan atau menginstall software dan middleware ke ponsel dengan sistem operasi android, lalu bagaimana dengan aplikasi yang diinstall lewat playstore, apakah itu juga bisa disebut APK ?, sebenarnya semua aplikasi yang ada di playstore itu berformat apk, namun kalian tidak dapat melihat file mentahnya karena aplikasi yang sudah didownload akan langsung diesktrak dan diinstall oleh sistem.

baca juga bagaimana cara mengubah aplikasi android menjadi file apk ?

APK sendiri terkadang juga perlu memerlukan data tambahan atau OBB untuk menjalankannya, jadi ketika kita mendownload aplikasi bukan lewat playstore, maka mau tidak mau kita harus mendownload data OBB nya jika memang diperlukan, ukurannya pun akan lebih membesar ketika sudah diinstall, karena memiliki banyak data dalam penggunaannya. 


PENGERTIAN XAPK
XAPK is a brand new file format standard for Android APK package file. Contains all APK package and obb cache asset file to keep Android games or apps working, it always ends in “.xapk”.
 XAPK adalah format file baru untuk paket file android apk, berisi semua paket apk dan file aset cache untuk menjaga agar game atau aplikasi android tetap bekerja, selalu berakhiran ".xapk".
Jadi file XAPK itu adalah format baru dari APK, namun XAPK itu lebih praktis, karena file XAPK merupakan gabungan dari file APK dan data OBB nya yang kita perlukan agar suatu aplikasi bisa berjalan dengan sempurna, sehingga kita tidak perlu mendownload 2 file yang berbeda, karena kepraktisannya ini biasanya file yang berformat xapk ini adalah game game yang memiliki data yang cukup besar, seperti pada gambar diatas, saya punya file vainglory (bosen em el :v) yang berformat .xapk, bahkan file ini hampir berukuran 1 gb, nah salah satu fungsi lain dari file xapk ini juga mencegah file APK dan OBB agar tidak tertukar, rusak maupun korup.


BAGAIMANA CARA MENGINSTALL FILE XAPK ?

Seperti yang sudah saya sebut, file xapk merupakan gabungan dari file APK dan data OBB nya jadi untuk menginstallnya kita harus membuka dulu file xapk tersebut.
Eitts, tapi sekarang sudah ada cara instan untuk langsung memasang file xapk tanpa harus melihat dan membuka isinya, namun cara instan ini ini harus melibatkan aplikasi pihak ketiga.

Nah , tapi sebelumnya saya akan menjelaskan bagaimana cara "manual" untuk memasang file xapk tersebut.

MEMASANG FILE XAPK DENGAN APLIKASI ZARCHIVER

Cara manual ini sebenarnya tergolong mudah, karena kita hanya tinggal membuka file yang berformat xapk tadi dengan menggunakan aplikasi Zarchiver.
DOWNLOAD aplikasi zarchiver

Memasang file berformat xapk
Memasang file berformat xapk dengan zarchive
  • Buka aplikasi ZArchiver, lalu cari file xapk yang akan kita pasang, disini saya akan memasang file vainglory yang sudah saya siapkan sebelumnya.
  • Klik file yang ingin kita pasang lalu pilih opsi lihat, sebenarnya bisa langsung diekstrak namun jika kita ekstrak maka hal itu akan lebih memakan waktu dan penyimpanan, jadi untuk mempercepat maka kita pilih lihat saja.
  • Setelah itu, kita harus menginstall aplikasi yang berformat .apk sebagai aplikasi utamanya seperti biasanya.
  • Langkah terakhir adalah hanya tinggal memindahkan / menyalin data OBB aplikasi tadi ke penyimpanan internal > android > OBB, lalu jalankan aplikasinya.


MEMASANG FILE XAPK DENGAN APLIKASI XAPK INSTALLER

Cara instan ini tergolong lebih mudah karena menggunakan bantuan pihak ketika, bernama Xapk installer.
DOWNLOAD aplikasi Xapk installer

Sebenarnya masih banyak aplikasi aplikasi serupa yang dapat menginstall file berformat xapk dengan cepat, namun saya rasa, aplikasi inilah yang terbaik sampai saat ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini yang harus kita lakukan hanya tinggal memilih aplikasi mana yang akan kita install, lalu tunggu beberapa saat sampai proses installasi selesai.

Cara ini sangat sangat jauh lebih mudah, namun buat kalian yang menyukai tantangan atau lebih tepatnya ingin mempersulit diri sendiri ya gunakan cara yang pertama ya guys.

Nah jadi seperti itulah kira kira pembahasan kita tentang perbedaan antara file berformat apk dan xapk, serta bagaimana cara memasang file xapk tersebut, jadi intinya file APK merupakan salah satu bagian dari file xapk selain data yang seharusnya ada pada aplikasi tersebut.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat buat kalian yang lagi mempelajarinya, dan sampai jumpa lagi di postingan berikutnya.

Mau dapet update artikel dari blog ini lewat email ?

7 Responses to "Apa itu file xapk ?, dan bagaimana cara memasang file berformat xapk ?"