Apa itu permalink ?, bagaimana cara mengatur permalink blog agar seo friendly?

Dalam mengelola sebuah blog terkadang kita melupakan hal kecil, salah satunya adalah custom permalink, namun siapa sangka, mengatur permalink itu ternyata merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap seo friendly sebuah blog, teknik mengatur permalink ini juga termasuk kedalam teknik seo on page, dan sebelum membahas bagaimana cara custom atau mengatur permalink agar lebih seo friendly, alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu permalink ?
Apa itu permalink ?, bagaimana cara mengatur permalink ?
Apa itu permalink ?
PENGERTIAN PERMALINK
Permalink atau permanent link atau tautan permanen adalah sebuah URL bersifat permanen yang dimiliki, serta menjadi identitas bagi sebuah posting atau halaman, permanen disini maksudnya URL tersebut hanya bisa diatur sebelum sebuah posting di publish guys, dan jikalau diubah pun, maka link tersebut akan dianggap sebagai link baru, meskipun isi postingnya sama.

baca juga apa itu link ?, jenis serta contohnya pada blog ?

Untuk blog berplatform blogger.com, sebenarnya permalink setiap posting sudah diatur secara otomatis guys, adapun struktur kata-kata dalam permalink tersebut itu tergantung pada kalimat yang terdapat pada judul postingan kita, Sedangkan untuk simbol space, atau jarak pemisah antar kata itu diganti dengan tanda dash (-).

Tapi sayangnya jumlah kata yang ditampilkan dalam tautan permanen otomatis biasanya hanya terdiri dari beberapa kata saja, dan terkadang terjadi pemotongan kalimat yang dikarenakan judul posting tersebut erlalu panjang.

MANFAAT MENGATUR PERMALINK
Membuat permalink menjadi human friendly
Mengatur permalink, serta membuat permalink tersebut sesingkat dan sepadat mungkin tentunya akan semakin membuat URL tersebut menjadi semakin mudah dibaca, dipahami bahkan diingat oleh pengunjung blog, nah hal inilah yang menjadikan blog kita menjadi human friendly guys.

Membuat permalink menjadi seo friendly
Selain membuat blog lebih human friendly, mengatur permalink dengan menggunakan kata kata singkat dan kaya akan keyword, tentunya akan menjadikan blog kita bersifat seo friendly juga guys, nah karena hal inilah wajib hukumnya bagi kita untuk mengatur permalink.

CARA MENGATUR PERMALINK
Oke, seperti yang sudah saya tulis diatas, untuk blog yang berada dibawah naungan blogspot, sebenarnya struktur permalink di setiap postingan sudah diatur secara otomatis bedasarkan judul artikel yang kita tulis,

Namun permalink tersebut biasanya terpotong potong dan akhirnya tidak sesuai dengan keyword yang diinginkan, sehingga akan berpengaruh buruk tersehadap seo friendly sebuah blog guys.

Apa itu permalink ?, bagaimana cara mengatur permalink ?
Mengatur permalink

Nah seperti yang bisa dilihat diatas, terdapat sebuah perbedaan yang cukup jauh antara permalink otomatis dari blogspot dengan permalink yang sudah diatur.

Intinya permalink yang sudah diatur terlihat lebih singkat, padat dan berisi keyword target, berbeda dengan permalink otomatis yang lebih bertele tele dan telihat membingungkan karena terjadi pemotongan kalimat yang ada pada judul postingan.

Adapun untuk cara mengatur permalink itu sangat mudah, yaitu ;

  • Buat sebuah postingan baru, karena postingan lama yang sudah kita publish tidak akan bisa diubah URL-nya.
  • Klik setelan entri yang berada disebelah kanan atas tempat penulisan posting.
  • Setelah itu klik tautan permanen, kemudian ubah pilihan dari tautan permanen otomatis menjadi tautan permanen khusus.
  • Setelah itu tulis permalink yang kita inginkan dengan mengutamakan kualitas dari permalink tersebut.

TIPS MEMBUAT PERMALINK YANG BERKUALITAS
Oke,, permalink berkualitas disini maksudnya adalah permalink tersebut bersifat ramah akan pengunjung, atau human friendly, serta ramah akan search engine, atau seo friendly.

Nah, buat yang ingin tahu, sebenarnya bagaimana sih kriteria struktur permalink berkualitas itu, yuk kita simak..

  • Terdiri dari 3-5 kata, namun tidak bertele tele dan langsung fokus menuju keyword yang ditargetkan, karena akan lebih memudahkan mesin telusur untuk meng-index artikel kita guys.
  • Kaya akan keyword, meskipun singkat, usahakan agar permalink yang dibuat itu berisi keyword keyword yang ditagetkan.
  • Hindari penggunaan kata yang tidak terlalu penting, seperti "dan, juga, atau , begini, inilah" dan kata lainnya.
  • Menggunakan keyword atau kata kunci lain yang memiliki arti sama dengan keyword utama, nah ini juga penting guys, sebisa mungkin gunakan kata berbeda yang masih memiliki arti yang serupa, atau bersifat sinonim, tujuannya agar keyword yang ditargetkan bersifat lebih luas, dan berpeluang untuk muncul disetiap pencarian yang tujuannya sama namun kalimatnya berbeda.
  • Menggunakan tanda dash (-) sebagai pengganti space, karena tanda dash (-) dianggap lebih seo friendly dibanding dengan tanda lain yang dapat digunakan seperti dot (.), dan underscores (_), hal ini diperkuat berdasarkan video dari mattcutt yang membahas mengenai underscores vs dashes dalam url tersebut, dan hasilnya lebih disarankan untuk menggunakan tanda dash (-).
Nah itu dia tuh guys, sedikit tips untuk membuat permalink yang berkualitas.

Tapi kalau kalian teliti nih, di dalam struktur permalink blogspot itu terdapat keterangan tahun dan bulan juga loh, lantas bagaimana cara menghilangkan keterangan tahun dan bulan dalam permalink diblogspot ?.
Oke, sebelumnya struktur permalink di blogspot itu seperti ini guys

http://alamat-blog.blogspot.com/tahun/bulan/keyword-keyword-keyword.html

Untuk contoh url permalink yaitu

http://zalmedia.blogspot.com/2018/06/custom-permalink-blog.html

Bisa kita lihat, disana terdapat keterangan tahun dan bulan yang menunjukan kapan postingan tersebut dipublish, tapi sayangnya untuk blog berplatform blogspot struktur permalink tersebut sampai saat ini masih belum bisa diubah guys.

berbeda dengan blog yang berplatform wordpress yang lebih leluasa dalam mengatur permalink ini, so buat yang mengelola blog berplatform blogspot itu sekiranya harus lebih pintar lah dalam mengatur struktur permalink.

Oke guys, mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini tentang permalink, intinya permalink itu sebenarnya hal yang sangat penting, ya meskipun terkadang kita lupa akan keberadaannya, kaya aku yang selalu perhatian, tapi gak pernah dianggap dan sering dilupakan sama kamu.

Mau dapet update artikel dari blog ini lewat email ?

1 Response to "Apa itu permalink ?, bagaimana cara mengatur permalink blog agar seo friendly?"