Mengenal karakteristik generasi Z, generasi pasca era milenial

Julukan GENERASI MILENIAL rasanya sudah sangat melekat dengan telinga kita, bahkan hampir semua anak muda yang lahir di akhir tahun 90-an sampai awal 2000-an pun mengaku sebagai generasi milenial, namun ternyata pendapat ini agaknya sedikit keliru guys, karena kenyataannya setelah generasi milenial pun, masih ada satu generasi yang konon katanya lebih baik dari generasi millenial, yap GENERASI Z.
Karakteristik kelebihan sifat generasi z, pasca milenial
generasi Z, generasi sesudah era milenial

APA ITU GENERASI Z
Jadi generasi z itu adalah generasi yang lahir sesudah generasi Y (generasi millennial), generasi X, generasi baby boomers, generasi pasca perang dunia II, generasi perang, serta generasi era depresi. 

Adapun pembagian generasi tersebut dibagi berdasarkan rentang tahun kelahiran, untuk rentang tahun kelahiran generasi z itu sendiri didefinisikan berbeda beda menurut para ahli, tapi tidak berbeda jauh juga, yaa kira kira sekitar tahun 1995 sampai tahun 2010 lah, jadi bisa dihitung untuk usia generasi z tertua saat ini sekitar 23 tahun, dan berarti dapat kita ketahui bahwa orang orang generasi milenial adalah justru mereka yang lahir sebelum tahun 1995 guys.

Generasi Z juga sering disebut iGeneration, generasi NET atau generasi internet, kenapa demikian ?,, ya karena kemunculan generasi ini berbarengan dengan perkembangan internet yang kian pesat pada saat itu, akibatnya orang orang yang lahir pada masa ini, memiliki kedekatan, kebutuhan serta ketertarikan yang sangat besar dengan dunia digital serta teknologi, nah hal inilah yang menjadi ciri khas dari generasi z guys.

baca juga apa itu blog ?, sejarah serta perkembangannya di indonesia ?

Generasi z juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan generasi y (generasi millenial) guys, salah satu contoh sederhananya adalah teknologi teknologi yang mungkin sudah menjadi kebutuhan pokok dari generasi z itu bisa dibilang sebagian besar di buat oleh generasi milenial, jadi bisa dibilang, generasi y itu adalah sebagai "pembuat", sedangkan generasi z adalah generasi yang "dibuat", so saya rasa generasi z tidak akan pernah ada jika generasi y tidak mempengaruhinya guys.

Dan satu lagi keunikan dari pembagian generasi ini, adalah adanya perbedaan karakteristik serta sifat dari orang-orang digenerasinya masing masing, penyebabnya tak lain adalah karena dipengaruhi oleh situasi serta kondisi disekitarnya yang secara langsung maupun tidak langsung juga mempengaruhi karakteristik serta sifat dan kepribadiannya guys.

Termasuk juga di masa generasi z, generasi yang besar di era digital ini memiliki sifat, karakteristik serta kepribadian yang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, penyebabnya adalah karena situasi dan kondisi yang ada saat itu dimana dunia internet dan teknologi sedang pesat berkembang.

Lalu apa saja si sifat dan karakteristik dari orang orang generasi Z ?,,,, yuk kita lihat beberapa sifat dan karakteristik orang orang ini guys, bekicot cekidot ! ;

SIFAT DAN KARAKTERISTIK GENERASI Z
  • Memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap Teknologi
Lahir dan besar di era digital nampaknya membuat anggota generasi z ini memiliki kebutuhan serta ketergantungan yang sangat tinggi akan teknologi, hal ini juga membuat mereka sedikitnya "melek teknologi", mahir dalam menggunakan berbagai macam gadget, secara kan orang orang yang lahir di era ini, sejak kecil, bahkan sejak sebelum lahir pun sudah dikenalkan dengan dunia internet.


  • Multitasking
Berenang sambil minum air nyatanya sudah bukan lagi hanya pepatah belaka, karena nyatanya orang orang generasi z juga sudah bisa dan terbiasa untuk melakukan berbagai aktifitas berbeda secara bersamaan, mereka bisa membaca, menulis, menonton, dan mendengarkan musik dalam waktu yang bersamaan.
Terbiasa melakukan berbagai aktifitas ini juga membuat orang orang generasi z tergolong orang orang yang serba bisa guys.


  • Menyukai segala sesuatu yang bersifat "instan"
Di era yang super sibuk ini, sudah menjadi hal yang wajar jika orang orang khususnya generasi z lebih menyukai hal-hal instan, mereka lebih menyukai makanan makanan cepat saji, seperti kopi instan, mie instan, pacar instan, nikah instan, putus instan, jomblo instan (hiks)
Namun karena terlalu lebih menyukai segala sesuatu yang instan inilah, sayangnya membuat generasi z ini sedikit rada "malas".


  • Lebih sering berinteraksi dengan orang lain
Semakin banyak serta berkembangnya sosial media, juga membuat generasi z ini lebih memiliki banyak kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang lain, tak hanya dengan orang disekitarnya, kini para generasi z sudah bisa dengan mudah berinteraksi dengan orang orang dipenjuru dunia kapan saja dan dimana saja (eh,, selama ada sinyal dan kuota yang memadai si)
Namun sayangnya hal ini juga terkadang membuat orang orang generasi z ini sedikit tak acuh terhadap kehidupan sosialnya di dunia nyata guys. (Nolep)


  • Generasi Z lebih mandiri, dan menyukai kebebasan
Berbeda dengan generasi "dulu", ketika ingin mengetahui dan memutuskan sesuatu, mereka harus menunggu orang tua untuk menjelaskan serta memberi tahu bagimana cara memilih keputusan tersebut, kemajuan teknologi serta internet membuat orang orang generasi z lebih leluasa mencari informasi bahkan hingga melebihi apa yang sebelumnya sudah diberi oleh orang tua mereka, hal inilah yang membuat para generasi z ini dikenal lebih mandiri.

Selain itu mereka juga dikenal lebih menyukai kebebasan, dibanding terus menerus bekerja dibawah aturan, kebanyakan dari mereka mempunyai keinginan untuk keluar, menghirup nafas segar serta berjuang menggapai impian mereka menurut jalan ninja mereka masing masing.

  • Tidak cepat puas
Cepat berpuas diri bukanlah sifat yang mencerminkan kepribadian orang orang generasi z, kebanyakan dari mereka bahkan berambisi untuk bisa memegang beberapa anu (anu itu posisi ya) didalam sebuah organisasi, namun bukan berarti mereka serakah akan jabatan juga ya guys.

Nah, jadi seperti itu guys beberapa karakteristik orang-orang di generasi Z, karena saya juga termasuk dari 2,5 miliar lebih orang-orang generasi z didunia ini, maka berdasarkan analisis saya, dapat disimpulkan bahwa orang orang itu "termasuk saya" tergolong kedalam orang yang tampan, rupawan, menawan, dan dermawan guys. (Bapakmu !!!)

Karakteristik kelebihan sifat generasi z, pasca milenial
kajian demografi kecenderungan gen z 

Hehe,, engga gitu guys, menurut berbagai kajian-kajian demografi orang-orang di generasi Z cenderung lebih menghargai perbedaan dan keberagaman, berorientasi kepada tujuan dan target, ingin menjadi pelopor perubahan, serta senang berbagi, nah, kecenderungan ini sangat berbeda dengan generasi milenial guys.

Nah,, jadi seperti itulah pembahasan kita kali ini mengenai generasi z, pertanyaan terakhir, apakah benar generasi z lebih baik dari generasi milenial ?

Oke menurut saya tidak adil rasanya jika kita harus menentukan siapa yang lebih baik dari 2 generasi diatas, karena pada dasarnya, indikasi untuk menentukan siapa yang lebih baik itu, pasti akan berbeda beda mengikuti perkembangan zaman.

Karena saat ini kita sudah memasuki jaman digital, dimana teknologi sedang pesat pesatnya berkembang, maka generasi z akan dinilai lebih baik, karena mereka sudah mempunyai kedekatan, keterikatan, serta kebutuhan terhadap teknologi, dan tentunya pemikiran orang-orang pun akan semakin terbuka seiring berkembangnya jaman nurjajang (...)

Tapi saya kira predikat generasi siapa yang lebih baik, saat ini tidak penting, karena sejatinya keberhasilan, kesuksesan seseorang itu dikembalikan lagi kepada diri mereka masing masing, bukan hanya berdasarkan pendapat orang-orang diluar sana tentang kerakteristik, sifat, kekurangan atau bahkan kelebihan dari generasi tertentu.
Just be your self 😊

Mau dapet update artikel dari blog ini lewat email ?

1 Response to "Mengenal karakteristik generasi Z, generasi pasca era milenial"

  1. Paling sebel kalo generasi y / milenial di cap buruk di mata masyarakat..
    pasti langsung sensi gw hahahahaha..
    sekalian tanya donk temans2, kira investasi untuk milenial ini cocok ga ya buat kita2 kaum milenial? (sorry link aktif, bukan endorse atau gimana, cuma nanya pendapatnya rekomen apa ga)
    jenis investasi untuk generasi milenial

    ReplyDelete