Pengertian blog, sejarah dan perkembangan blog di Indonesia

Blog merupakan sebuah media yang masih eksis sampai sekarang, namun karena budaya membaca yang kian hilang, akhirnya blog mulai ditinggalkan, lantas sebenarnya Bagaimana sejarah blog serta perkembangan blog di Indonesia ?.

Namun sebelum kita membahas perkembangan blog di Indonesia, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu blog ?.

Pengertian blog dan perkembangan blog di indonesia
Apa itu blog ?, bagaimana perkembangan blog di Indonesia ?

PENGERTIAN BLOG

Blog atau web log adalah sebuah bentuk aplikasi Web yang berbentuk tulisan dalam bentuk postingan yang ada pada sebuah halaman website, serta dapat dibuka menggunakan akses internet, situs web ini biasanya dapat di akses oleh semua pengguna internet, namun tak jarang juga ada yang menjadikannya sangat privat.

 baca juga apa itu link ?, jenis serta contohnya pada blog ?

Adapun isi blog itu bermacam-macam, sesuai topik atau pembahasan yang dipilih oleh pemilik blog, namun pada hakikatnya blog itu hanya berfungsi sebagai catatan harian online, hingga akhirnya, seiring berjalannya waktu, Blog mengalami perkembangan, sehingga blog tidak hanya dijadikan sebagai catatan harian online, namun juga memiliki banyak fungsi lainnya , salah satunya adalah sebagai media berbagi informasi.

SEJARAH BLOG

Seperti yang sudah tertulis diatas, pada awalnya blog hanya berfungsi sebagai media catatan harian online mengenai berbagai pendapat, ataupun semua keluh kesah dari si empunya blog, yang kemudian dipublikasikan secara online.

Pada saat itu umumnya blog berisi kumpulan link yang menuju ke berbagai halaman web lain dan seringkali disertai komentar atau pendapat pemilik mengenai halaman web tersebut.

Pada tahun 1997, seorang program bernama John Barger, menciptakan istilah web log yang diambil dari kata "logging the web" yang dapat diartikan sebagai "memasuki sebuah web", karena memang pada awalnya blog blog banyak digunakan untuk mengunjungi link-link web lain yang menurut mereka menarik.

Hingga pada tahun 1999, munculah istilah blog, yang diciptakan oleh Peter Merholz, ia menyebutnya dengan sebutan wee-blog, yang kemudian disingkat menjadi blog saja.
Dan karena penemuan kata blog itulah, orang-orang yang mengelora blog mulai disebut dengan blogger.

Dunia per-blog-an ini pun terus berkembang, apalagi dengan munculnya media blog pertama yaitu Blogger.com, yang pada awalnya dimiliki oleh PYRA LABS, dan kemudian karena kepopulerannya, akhirnya menarik minat google untuk mengakuisisinya pada tahun 2002, dan semenjak itu lah dunia perbloggingan semakin berkembang, terbukti dengan semakin banyak pula aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan untuk perkembangan para pengelola blog tersebut.

baca juga apa itu permalink ?, bagaimana cara mengatur permalink blog agar seo ?

PERKEMBANGAN BLOG DI INDONESIA

Perkembangan blog di indonesia, di mulai ketika Indonesia mulai mengenal internet, yaitu pada tahun 1994, saat itu sudah ada beberapa web yang dibuat oleh orang Indonesia, itupun hanya menumpang hosting dari universitas-universitas diluar negeri, dan ketika para mahasiswa itu lulus, situs web yang mereka buat sudah tidak bisa diakses lagi karena sudah dihapus oleh universitas terkait.

Dan mungkin yang tersisa hanyalah web milik pak Budi Rahardjo, yang menurutnya sudah ada sebelum browser netscape pada 1994.

So pada awal munculnya istilah blog, tidak banyak blogger-blogger dari Indonesia yang dapat membuat dan mengelola blog mereka sendiri, penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena kurangnya fasilitas yang dimiliki untuk mengakses media media pembuat blog.

Namun seiring masuk ke tahun 2000-an perkembangan dunia perbloggingan di indonesia semakin tinggi, apalagi ketika diciptakannya layanan publikasi blog yang ramah terhadap pengguna seluler, salah satunya bernama mywapblog atau sering disingkat mwb.

Tepatnya pada 10 september 2008, oleh seorang pemuda bernama arvind gupta yang saat itu masih berusia 19 tahun. Berawal dari keprihatinan, kemudian ia bertekad untuk membuat platform blog yang ramah terhadap pengguna seluler, dan hasilnya ia sukses menjadikan mywapblog menjadi penyedia layanan blog terbesar di Indonesia pada saat itu, terbukti dengan jumlah pengguna mywapblog asal indonesia saat itu yang berjumlah lebih dari 70 %, serta sebagian besar mereka menggunakan telepon genggam, dan karena hal itulah menjadikan dunia perbloggingan di indonesia semakin bergairah.

Dimana ada kejayaan pasti ada kemunduran, sempat maju pesat, akhirnya dunia perbloggingan ini mengalami kemunduran, penyebabnya tak lain adalah karena banyaknya media media sosial yang kini lebih banyak digandrungi karena kemudahannya, 

Tercatat pada tahun 2015 hanya ada 3,5 % dari 88,1 juta pengguna internet asal indonesia yang mampu tetap fokus mengelola dan membesarkan blognya.
Dan pada tahun 2017 tercatat ada 3,8 % dari seluruh pengguna internet aktif asal indonesia yang menjadi Blogger. 

Hal ini cukup riskan sekaligus menguntungkan bagi para Blogger di Indonesia,  karena saat ini blog bukan lagi soal mengunjungi atau hanya memberikan opini dan komentar terhadap web lain, saat ini blog sudah menjadi kebutuhan, bahkan pekerjaan yang cukup menguntungkan,  semakin sedikit blogger di Indonesia tentunya juga semakin sedikit saingan yang mereka miliki, namun hal ini juga cukup riskan karena itu berarti dari banyaknya pengguna internet aktif di indonesia, hanya ada sedikit orang yang memiliki kemampuan untuk membuat konten kreatif sebagai blogger.

Namun saya kira dunia perbloggingan di indonesia tidak akan pernah punah secepat itu, karena meskipun terlihat sedikit nyatanya masih ada komunitas-komunitas blogger yang masih aktif di indonesia, hal ini tentukan akan menarik minat dari para warganet terutama generasi muda untuk ikut menjadi pembuat konten kreatif bersama blogger lainnya.

baca juga mengenal karakteristik generasi z, generasi pasca era milenial

Dan buat yang tertarik untuk menjadi Blogger kalian bisa langsung gabung ke komunitas-komunitas atau grup-grup blogger, supaya apa ?, supaya kita bisa belajar, selain itu tentunya kita juga akan lebih bersemangat karena kita tahu, kita tidak sendiri, karena kita BLOGGER INDONESIA

Mau dapet update artikel dari blog ini lewat email ?

2 Responses to "Pengertian blog, sejarah dan perkembangan blog di Indonesia"