Apa itu subtitle ?, bagaimana cara download, memasang & memasukan subtitle film / video ?

Subtitle film atau video memang merupakan hal penting dan dibutuhkan ketika menonton sebuah film atau video yang menggunakan bahasa asing, fungsinya tak lain adalah agar memudahkan kita untuk memahami setiap alur cerita pada film tersebut, namun tak jarang pula terkadang kita menjumpai film yang memiliki subtitle terpisah dengan filmnya, lalu sebenarnya, bagaimana cara memasukan subtitle terpisah ke film / video ?
Apa itu subtitle ?, bagaimana cara memasang subtitle yang terpisah ?
Apa itu subtitle ?, bagaimana cara memasang subtitle yang terpisah ?

Nah sebelum membahas bagaimana cara memasukan subtitle terpisah ke dalam video, alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu subtitle ?.

APA ITU SUBTITLE
Seperti asal katanya, subtitle adalah teks yang ada dan muncul pada sebuah video atau film, terletak pada bagian bawah layar, serta berfungsi sebagai penerjemah akan bahasa yang digunakan dalam film tersebut.

Subtitle sendiri sebenarnya terbagi menjadi 2 yaitu,
  • Subtitle softsub, adalah subtitle yang terpisah dengan frame video utamanya.
  • Subtitle hardsub, adalah subtitle yang sudah menyatu dengan video utamanya.
Untuk subtitle hardsub, karena sudah menyatu dengan film atau videonya, tentunya sudah tidak perlu melakukan apa apa lagi, hanya tinggal menyedia popcorn, lalu duduk santai sambil menonton film favorit kita, berbeda dengan subtitle softsub disini kita memerlukan file tambahan yang berisi subtitle film tersebut, file tersebut biasanya berformat .srt, dan untuk mendapatkan file .srt tersebut sangat mudah, karena saat ini sudah sangat banyak website yang menyediakan subtitle film secara gratis, salah satu website paling populer saat ini adalah website bernama subscene.

BAGAIMANA CARA MEMASANG FILE SUBTITLE KE DALAM FILM
Untuk cara memasang file subtitle film berformat .srt tersebut, sebenarnya ada beberapa cara, namun disini saya hanya akan menjelaskan 2 cara sederhana saja, yaitu dengan aplikasi zarchiver serta mx player

Cara memasang file subtitle film berformat .srt dengan aplikasi zarchiver

Untuk cara ini hanya menggunakan tool file browser saja, disini saya menggunakan aplikasi android zarchiver yang bisa kalian pasang di playstore secara gratis

Apa itu subtitle ?, bagaimana cara memasang subtitle yang terpisah dengan menggunakan zarchiver
Cara memasang file subtitle terpisah dengan menggunakan zarchiver

  • Sebelumnya sediakan dulu 2 buah file yang dibutuhkan, yaitu video atau film utamanya, serta file subtitle yang cocok untuk film atau video tersebut, karena file milik saya disini masih berformat .zip, maka saya harus mengekstraknya terlebuh dahulu, dan biasanya didalam file .zip tersebut pun akan ada beberapa file subtittle dengan varian warna teks yang berbeda.
  • Setelah itu, buka file browser, pilih dan tempatkan kedua file subtitle .srt dan film atau video tersebut kedalam satu folder yang sama, disini saya akan menempatkannya di folder Film.
  • Langkah terakhir adalah tinggal menyamakan nama dari kedua file subtitle serta film atau video tersebut, contohnya apabila videonya bernama "Truth or dare 2018.mkv" maka subtitlenya harus bernama "Truth or dare 2018.srt"

Cara memasang file subtitle film berformat .srt dengan aplikasi pemutar video MX player


Oke, untuk cara ini, kita dapat menggunakan tool pemutar video yang disediakan oleh sistem, namun terkadang ada beberapa tool pemutar video yang masih belum mendukung opsi pemilihan subtitle film, namun tidak perlu khawatir, karena kita dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama MX player, fungsi utamanya adalah sebagai pemutar berkas video, untuk cara memasang subtitle film nya yaitu ;

Apa itu subtitle ?, bagaimana cara memasang subtitle yang terpisah dengan menggunakan mx player
Cara memasang file subtitle terpisah dengan menggunakan aplikasi MX player

  • Seperti biasa, sediakan 2 buah file yang dibutuhkan tadi, berisi file subtitle berformat .srt, serta video atau film utamanya.
  • Buka aplikasi MX player, lalu cari video atau film mana yang ingin dimainkan
  • Setelah itu, klik setelan dengan tanda titik 3 yang terletak dipojok kanan atas tampilan MX player.
  • Lalu pilih opsi teks film, setelah itu akan muncul lagi berbagai pilihan, dan pilih opsi buka.
  • Langkah terakhir, yaitu cari file subtitle film yang sudah disediakan tadi.
Nah untuk cara ini, kita tidak perlu lagi untuk mengubah nama dan menyamakan kedua file tersebut, karena sudah langsung dapat terbaca oleh aplikasi tadi.

Dan untuk hasilnya setelah saya rasakan, ternyata ada sedikit perbedaan nih guys antar kedua cara diatas, bisa dilihat ini dia hasilnya.

Apa itu subtitle ?, bagaimana cara memasang subtitle yang terpisah ?
Perbedaan antara dua cara memasang subtitle

Terlihat perbedaannya adalah pada warna teks subtitle kedua film, padahal untuk keduanya disana saya memilih file subtitle film berwarna kuning, hal ini mungkin dikarenakan pemutar video sistem di gadget saya masih belum suport untuk menampilkan warna pada teks subtitle.

Mau dapet update artikel dari blog ini lewat email ?

0 Response to "Apa itu subtitle ?, bagaimana cara download, memasang & memasukan subtitle film / video ?"

Post a Comment